Kamis, 02 Januari 2020

Resolusi, penting?

sudahkah kamu membuat resolusi?
penting nggak sih bikin resolusi?


untuk saya pribadi, resolusi itu penting sih.. dan membuat resolusi pas tahun baru atau pas umur baru (habis ulang tahun) is a must (walaupun belum pernah segitunya saya memantau ketercapaiannya).. dasar aku mah,, tukang berencana.. hiks..
tapii.. seperti halnya tahun tahun sebelumnya, tahun ini saya begitu bersemangat untuk membuat 100 resolusi 2020.. oiya, biasanya resolusi saya susah terpantau karena saya bingung mau nulis dimana..
pengen sih punya buku agenda gitu, tapi kebayang ribet kalau harus bawa kemana-mana.. belum lagi kurang fleksibel karena nggak ada tombol search.
suatu ketika kepikiran ngetik di HP tapi yaa... tau-tau ganti HP, file nggak kebawa.
hingga akhirnya (entah kenapa baru kepikiran sekarang) saya menggunakan googlesheet. haha.. thanks google.
jadi saya bisa monitor dan update kapanpun dimanapun dengan HP saya.

balik lagi ke "kenapa resolusi itu penting?"

1. resolusi = menentukan tujuan!
hidup itu butuh tujuan agar kita tau akan kemana.. ibarat jalan kaki, saya nggak ingin jalan kaki tanpa tujuan dan tanpa target.. "yaudah jalan aja" rasanya bakal lebih membosankan jika dibanding "jalan sampai gedung A. sampai sekian kilometer, dst." begitulah kira-kira saya memaknai resolusi.

2. resolusi = menentukan target!
resolusi tahunan sama halnya dengan menentukan target pencapaian apa yang ingin kita capai dalam periode tertentu - dalam hal ini selama 1 tahun. jadi setelah tau tujuannya mau apa, resolusi yang detail sampai dengan ukurannya akan membuat kita lebih terarah dalam menjalani sesuatu.

3. resolusi = momentum evaluasi dan memperbaiki diri!
punya resolusi memberikan kita ruang untuk merenungkan hal-hal apa saja yang ingin kita perbaiki dari diri kita - dan bagaimana cara memperbaiki.
pernah nggak kamu menyesali waktu yang terbuang karena ternyata dalam setahun cuma berapa kali kita khatam alquran, atau cuma berapa kali kita puasa sunnah... tau-tau sudah ganti tahun aja gitu..
betapa sia-sianya 1 tahun yang kita lalui..
Naah, dengan membuat resolusi, dan monitoringnya, insyaaAllah paling nggak sejak awal tahun kita sudah introspeksi diri dan berbenah untuk memperbaiki diri.

4. resolusi = KPI alias IKU kita
kalau di kantor kita punya KPI untuk mengukur keberhasilan kinerja kita, kenapa untuk diri sendiri kita nggak punya? naah. resolusi ini tak beda dengan KPI  sih klo menurut saya. saya senang membayangkan nanti di akhir tahun akan dapat "rewards" kalau KPI  saya tercapai.
rewards? yuuppps.. biar resolusi menarik, jangan lupa buat nabung biar bisa ngasih rewards buat diri sendiri yaaa..

Nah, sekilas review bagaimana cara saya menyusun resolusi: sebenernya simpel aja:
1. bikin di googlesheet, biar bisa diakses kapanpun dimanapun, dan klo udah tercapai juga bisa langsung di coreet
2. bikin kategorinya: personal, family, work.
3. mulai tulis resolusi kapanpun kamu inget.. kasih ukuran yang jelas dan target waktu yang jelas juga. bikin monitoringnya kalau perlu yaa.. monitoring? iya.. jadi misal ada resolusi: ikut kajian tiap minggu: ya bikin checklistnya doonk, sekaligus resumenya gitu..
4.  rajin rajin di review!

semoga di 2020 ini, saya bisa mengusahakan dengan baik 100 resolusi yang sudah saya susun. semogaaa bisa tercapai 100%! aamiin..

0 komentar:

Posting Komentar