Senin, 13 Juli 2020

Resume materi 1 Kelas Siap Mendidik: Pengenalan Home Schooling

Bismillah..
selain mengambil kelas bengkel diri, alhamdulillah saya juga berkesempatan ikut Kelas Siap Mendidik nya Bengkel Diri. kelas ini terbatas banget, begitu dibuka pukul 10.00 WIB, pukul 12-an udah full.. alhamdulillah ada temen di kantor yang ngasih tau tentang kelas ini. Terima kasih Citaaa ^^

Nah, sama halnya dengan materi di kelas Bengkel Diri, salah satu bentuk komitmen saya bahwa materi yang ada benar-benar saya pelajari, dan insyaaAllah saya praktikan, ya dengan meresume. kira-kira poin yang jleb atau saya highlight saya tulis ya.

di pertemuan pertama ini, kami belajar materi tentang Pengenalan Homeschooling, dari Teh Karina Hakman.


  1. Bentuk homeschooling dipengaruhi oleh (a) Kebutuhan pokok (aqidah, ibadah, akhlak, kebutuhan jazadiyah - sesuai dgn kebutuhan tubuh, tsaqofah - adab) (b) keinginan/kebutuhan lain (harapan orang tua - sebagai Kepala Sekolah - diturunkan dalam bentuk pengajaran, harapan anak - minat&bakat, kondisi ekonomi keluarga, komitmen waktu, support system.
  2. Kurikulum keluarga: pelajari tahap perkembangan anak dari berbagai sumber, mengenali anak dalam berbagai tahapan, mempelajari gaya belajar anak, mengenali waktu belajar efektif anak, jadwal, sumber dan penyusunan materi,
  3. Metode Homeschooling: talaqqi, ngobrol/diskusi, bermain, story telling/baca buku, pemaparan/penjelasan, studi kasus, percobaan, rihlah/jalan2, praktek keseharian, keteladanan.
  4. pengajar, bahan, dan jadwal yang menyesuaikan dengan biaya yang dimiliki,
  5. sosialisasi mencakup tujuannya, objek sosialisasi, dan adab sosialisasi,
  6. legalisasi ijazah

testimoni:
untuk sesi "pengenalan", materinya dan contoh-contohnya sangat padaaat.. sejujurnya saya jadi puyeng sendiri.. heuheu.. tapi teh karin ini emang keren banget sih ya, anak-anaknya masih kecil tapi udah menguasai banyak hal..

baiklah kita ikuti materi selanjutnya yaa..

0 komentar:

Posting Komentar