Jumat, 27 April 2018

pasang surut semangat kerja

hari ini uwow banget ya...
awalnya merasa begitu excited ketika membayangkan project-project kerjaan yang pingin dilakuin.. kemudian muncullaah bahasan-bahasan imaterial di ruangan..
tetiba semangat itu menguap..
ahahaha..


apa sih yang biasanya membuat kamu semangat kerja?
hmm..
pertanyaan menarik ya... ngebahas hal-hal yang bikin semangat kerja di saat kamu sendiri tetiba nggak mood kerja.
self healingnya, kabur ke dunia maya,, ngetik-ngetik gini.

mungkin akan lebih pas klo kita bahas hal-hal yang bikin nggak semangat kerja aja ya..

1. atasan nggak asik
percayalaah.. atasan adalah faktor utama yang bikin seseorang ngerasa semangat atau nggak semangat kerja. mereka yang bilang "I hate monday" biasanya nggak jauh jauh karena atasan membebani kita tanpa bertanggung jawab. mau sebanyak apapun kerjaan, klo atasannya asik, rasanya no issue sih ya. beda klo atasannya nggak asik, kerjaan dikit bikin pingin ngabur, kerjaan banyak? bikin emosi.. hehe..
in this case, so far ini udah bukan jadi alasanku buat nggak semangat ya, atasan yang sekarang asik, alhamdulillah..

2. kerjaan bejibuuun
kerjaan bejibun pastiii bikin badmood... apalagi kalaau temen kerja lain gabut, trus kita kerja sendiri. udah gitu atasan dengan PEDEnya nambahin muluuu kerjaan... yang kemarin belum kelar, yang sekarang udah dikasih tambahan aja... pingin nangiiis klo udah kaya' gini. apalagi klo kerjaan kita spesifik dan rahasia, nggak bisa di share.. hiks.. hiks.. hiks..
solusinya apa? biasanya sih aku bikin to do list kerjaan, urut prioritas dan kandang waktu. kandang waktu itu apa? target waktunya, jadi misal ada 5 kerjaan harus selesai hari ini, ya berarti aku harus rinci masing-masing kerjaan selesai jam berapa. kalau dalam to do list itu ada kerjaan yang nggak rahasia-rahasia banget, dan aman dishare, ya aku coba share untuk hal yang nggak rahasianya. disini time management kudu dipegang banget.
emang sih, klo kerjaan lagi padet, nggak boleh kita cuman mikirin doank di otak "belum ngerjain ini, itu, anu.." TULIS! konon menulis membuat otak kita terbebas dari  keruwetan dan siap berfikir secara terstruktur.

3. perpaduan antara kerjaan bejibun dan rekan kerja yang berisik
Asli ini iyess banget.. klo kerjaan bejibun, paling asik emang klo kita punya "ruang pribadi" buat kerja ya.. temen kerja yang berisik otomatis memecah konsentrasi, bikin pingin emosi jiwa.. hahaha.. padahal klo kerjaan lagi santai, aku sering sih jadi bagian dari keberisikan itu.. tapi klo aku yang lagi butuh konsentrasi, otomatis aku jadi nggak suka sama keberisikan itu..
here I am.. kerjaan bejibun, ruangan berisik... hiks..
solusinya apa? klo ada di kondisi seperti ini, aku biasanya pasang headset.. asli deh butuh beli headset baru. headset yang ini telinganya budeg satu.. padahal udah merk seinsein itu...  yups.. headset adalah "ruang pribadi" yang paling simpel buat escape dari keramaian. no one being hurt (bener gk ini), nggak perlu capek-capek ngungsi karena data yang mau dikerjain bisa jadi ada di tempat lain. males mindah-mindahin.. (oiya, aku dapet fasilitas laptop buat ngerjain hal-hal rahasia. untuk kerjaan yang biasa aku pake PC) mungkin aku perlu ganti pake laptop aja ya, nggak usah pake PC lagi. mungkin nanti target konmariku selanjutnya bekerja pakai laptop aja ya, lebih simpel kemana-mana.) nah selain headset, jangan lupa siapin juga kopi/teh/cokelat dan snack.. world off, headset on.


4. Meja kerja yang berantakan
 Meja kerja yang berantakan bisa juga ternyata ya bikin kerja nggak semangat.. meja penuh dokumen, kertas kertas mbuh, kerjaan yang udah selesai dan belum selesai jadi satu, lengkap dengan kertas bekas dan segala pernak pernik penghias meja yaaang acakadut.. ini juga bikin nggak asik kerja..
solusinya apa? yaaa beberes meja lah..  biasanya hari jumat gini aku pakai buat beberes meja kerja. a la konmari.. tau kan? klo nggak tau silakan cari bukunya.. hehe.. intinya disini aku kumpulin dulu semua berkas, trus aku pilah pilih mana yang mau dibuang, mana yang udah kelar dikerjain, sama mana yang masih pending.. nah karena kerjaanku banyakan rahasia, jadi si berkas yang mau dibuang ini harus disreder. sementara untuk berkas yang mau diarsip, aku pilih lagi, mana yang aku harus arsip sendiri (rahasia) atau aku balikin ke sekretaris buat di arsip.. nah berkas yang harus aku arsip sendiri pun aku bagi lagi, arsip aktif atau arsip yang nggak aktif. klo nggak aktif berarti harus difile, sementara yang aktif berarti masuk ke GungYu.. hehehe..  pun dengan berkas yang masih pending, idealnya berkas yang masih pending ini buruan diberesin ya,, at least, kita nggak perlu bongkar banyak dokumen, cukup berkas ini aja yang kita utak atik karena masih PR.. oiya, semakin sedikit PR, semakin bahagia akunya.. haha.. kenapa? karenaaa aku evaluasi kerjaanku kemarin trus bikin inovasi gitu.


ntar sambung lagi ya, pumping dulu..
hehehe..
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar