Sabtu, 27 Juni 2020

Belajar di Bengkel Diri

Bismillah..
Jadi ceritanya, suatu hari di grup WA Ibu-Ibu (isinya para akhwat alumni STAN dari berbagai angkatan yang saling invite.. haha) ada yang ngeshare tentang program kuliah online BENGKEL DIRI dari Ummu Balqis..
ini pas banget sih rasanya, udah lama banget saya nggak ikut komunitas atau forum belajar yang terstruktur sejak terakhir kali ikut matrikulasi dan kelas bunda sayang dari Institut Ibu Profesionalnya Bu Septi.. Pas juga sekarang ini saya ngerasa lagi nggak jago banget ngatur waktu. WFH + persiapan "homeschooling" anak-anak..
akhirnya saya izin ke suami untuk ikut kelas ini. bayarnya RP 250.000 (+kode  unik) untuk kelas online selama 2 bulan.
jujur saja, saya kurang banyak mendengar tentang Bengkel Diri. belum pernah malah sebelumnya. jadi ya bismillah aja ikut..
alhamdulillah di Bengkel Diri angkatan 13 ini saya masuk di kelas 13F.. insyaaAllah saya akan mulai nulis reviewnya disini ya..

semalam, 26 Juni 2020 pukul 20.00 WIB, kami dari kelas 13F mengikuti orientasi online.. jadi di orientasi online ini Ummu Balqis melalui voice note dan slide presentasi yang dikirim menyampaikan tentang apa itu Bengkel Diri, bagaimana sistemnya, pengumpulan tugasnya, dan lain-lain. secara garis besar yang saya sukai dari Bengkel Diri ini:
  1. Kelas perkuliahan dilakukan dalam satu grup WA Kelas yang disetting satu arah (hanya admin yang bisa mengirimkan postingan), sehingga bagi siswa yang ingin mengulang materi, tidak perlu susah payah scrolling diantara tumpukan chat dari peserta lain. Menurut saya sih ini sangat baik ya, karena pengalaman ikut grup-grup WA yang bergizi, malah ketumpuk sama chat basa basi atau tanya jawab curhat dari peserta. udah bikin males dulu mau buka WAnya, ujung-ujungnya malah mute notif #eeh;
  2. Untuk ngobrol-ngobrol dan diskusi terbuka, tersedia grup CAFE. di CAFE ini juga ada hari khusus untuk jualan.. jadi tuh nggak setiap saat orang "nyepam" numpang jualan;
  3. Materi disampaikan H-1 (24 jam) sebelum sesi diskusi. Setelah materi di share di grup kelas, para siswa dipersilakan untuk mempelajari materi, dan jika ada pertanyaan, peserta dapat menyampaikan melalui Ketua Kelas yang telah ditunjuk. Nantinya pertanyaan-pertanyaan ini akan dibahas di hari H diskusi.. ini juga poin plus sih menurut saya. Karena beberapa "kulwap" yang pernah saya ikuti memberikan materi di hari H dan diskusi diserahkan saat itu juga, ada juga yang pas diskusi saut-sautan... kalau kita kelewat nyimak gimana? ya siap-siap baca chat numpuk.. di Bengkel Diri skemanya lebih rapi ya, dan waktu diskusi yang 1 jam itu juga cukup panjang jadinya.
  4. Kehadiran peserta  bukan hal yang wajib, yang penting kita menjaga komitmen kita untuk belajar dan mengerjakan tugas.. oiya, untuk tugas ini juga sifatnya nggak wajib ya, hanya kalau kita nggak ngumpulin tugas, kita jadi nggak bisa naik ke kelas berikutnya.
  5. Setiap hari Kamis, ada tugas untuk menginput kegiatan amaliyah perbaikan diri selama 1 minggu, diantaranya ada sholat wajib, sholat dhuha, qiyamul lail, sholat rawatib, dzikir pagi petang, buku yang dibaca, sedekah, mendengarkan ceramah, menjalin ukhuwah, membaca al quran, dan dakwah.. tapi tenang, lagi-lagi ini bukan penentu kelulusan atau kawatir berujung riya'.. insyaaAllah ini justru membantu kita untuk lebih intens dan komprehensif dalam menciptakan habit untuk memperbaiki diri. dan disini juga hasilnya diinput dalam google form, jadi antar sesama nggak bisa saling lihat juga. benar-benar hanya admin yang tau dan akan mengingatkan kita jika kita mulai futur. insyaaAllah..
  6. Oiya, dari poin 5 itu, karena inputnya setiap hari kamis, saya membuat google form sendiri untuk mencatat aktivitas pribadi setiap hari, sekaligus ditambah target pribadi seperti workout, belajar bahasa inggris, dll.. dengan punya google form sendiri, insyaaAllah akan memudahkan saya ketika nanti mengisi tugas di hari kamis, plus yang terpenting, saya juga bisa mengevaluasi sendiri seberapa tertib saya melakukan amaliyah dan target pribadi..
Diantaranya itu ya, perkuliahan insyaaAllah mulai tanggal 30 besok. semoga bisa istiqomah memperbaiki diri dan nulis resume (atau review) di blog ini.
aamiin

0 komentar:

Posting Komentar